Kamis, 04 Februari 2016

Membaca Pesan WhatsApp Tanpa Ketahuan Si Pengirim Pesan

Ada berbagai alasan orang tidak mau ketahuan sudah membaca pesan yang diterima ketika berkomunikasi menggunakan aplikasi chat seperti WhatsApp. Seperti diketahui bahwa saat kita mengirim pesan menggunakan WhatsApp, terdapat tanda centang hitam yang menunjukkan pesan kita sudah terkirim, tanda centang hitam dua sudah diterima, dan centang dua berwarna biru sudah dibaca oleh penerima pesan.

Di salah satu artikel di kompas.com terdapat artikel mengenai tips agar pesan WhatsApp yang kita terima bisa dibaca tanpa pengirim pesan tahu bahwa pesannya sudah dibaca. Caranya dengan mengubah mode smartphone ke dalam Airplane Mode sebelum membuka WhatsApp. Maka semua aplikasi akan menjadi offline, namun semua pesan sudah diterima dan tersimpan dalam cache smartphone untuk dibaca. Barangkali caranya sama saja dengan menonaktifkan data internet di smartphone. 

Cara lain adalah dengan menonaktifkan fitur read-receipt atau laporan dibaca. Namun setting ini berlaku dua arah, sehingga kita tidak bisa melihat laporan dibaca dari pesan yang kita kirim. Disamping itu read receipt selalu diaktifkan untuk percakapan di grup.

Sebetulnya ada cara lain yang bisa digunakan, yaitu dengan menambahkan widget WhatsApp yang ada di smartphone.



Dengan menggunakan widget ini, kita bisa membaca semua pesan, termasuk percakapan grup, tanpa harus membuka aplikasi WhatsApp. 

0 komentar:

Posting Komentar