Selasa, 01 Januari 2013

Zlatanera


Dalam bahasa Serbia, Zlatan artinya emas. Barangkali dari sana nama Zlatan Ibrahimovic berasal. Kini kata tersebut masuk dalam kamus bahasa Swedia, dengan arti yang lain.

Dewan Bahasa Swedia baru-baru ini telah menambahkan kata kerja Zlatanera, yang mengacu kepada nama pemain nasional Swedia Zlatan Ibrahimovic, dalam kamus nasional mereka. Dewan Bahasa Swedia menyetujui istilah tersebut karena dalam beberapa bulan terakhir telah umum digunakan dalam percakapan orang-orang Swedia.

Zlatanera berarti mendominasi. Istilah ini pertama kali digunakan dalam sebuah acara televisi Perancis, Les Guignols. Les Guignols merupakan pertunjukan boneka satire populer, yang salah satu tokohnya sangat mengidolakan Zlatan Ibrahimovic, pemain Paris Saint Germain yang mendominasi di dalam dan luar lapangan. Dari sanalah unngkapan Zlatanera (Zlataner) biasa digunakan di Prancis hingga sampai ke Swedia.

Zlatan Ibrahimovic adalah pemain berbakat asal Swedia yang membela Paris Saint Germain sejak pertengahan tahun 2012 lalu. Sebelumnya dia pernah bermain untuk Milan, Barcelona, Inter Milan, Juventus, juga Ajax. Di tiap klub yang dibelanya dia berhasil membawa timnya juara liga. Hanya gelar Liga Champions yang belum berhasil dia raih.

0 komentar:

Posting Komentar