Rabu, 21 November 2012

Beng Ciang Hong In Lok (Badai, Awan dan Angin)



Padahal hanya ada satu jilid, tapi tetap saya beli ketika kebetulan saya lihat di sebuah pameran buku. Judulnya  Beng Ciang Hong In Lok (Badai, Awan dan Angin),  merupakan buku cerita silat karya Liang Ie Shen, salah satu penulis cerita silat terkenal. Diterbitkan oleh penerbit Marwin (entah terbitan tahun berapa) sebanyak 7 jilid. Kebetulan yang saya dapat jilid terakhir, yang membuat saya tidak ragu membelinya, selain juga karena harganya yang murah. Saya pikir meski hanya dapat satu jilid, suatu saat bisa menemukan dan membaca jilid-jilid sebelumnya, meski cuma ebook.

Cerita silat yang berjudul Beng Ciang Hong In Lok ini berlatar belakang zaman Dinasti Song. Setting waktunya kurang lebih sama dengan kisah Kwee Ceng di Pendekar Pemanah Rajawali karya Chin Yung. Beng Ciang Hong In Lok mengisahkan perjuangan para pendekar dari bangsa Han dalam menghadapi bangsa Kim dan Mongol yang berusaha menguasai negeri Han. Selain berisi kisah pertarungan silat kelas tinggi, cerita ini juga mengisahkan jalinan kisah cinta yang berliku.

Menurut informasi dari sebuah  mailing list tjersil, buku ini ditulis oleh Liang Ie Shen pada tahun 1968- 1972. Judul Mandarinnya adalah Ming Di Feng Yun Lu. Pertama kali diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Gan KL pada 1971 dengan judul Pendekar Sedjati sampai dengan jilid ke-46.


0 komentar:

Posting Komentar