Selasa, 10 April 2012

Persib vs PSMS (1985)

Laga final kompetisi perserikatan antara Persib Bandung vs PSMS Medan tahun 1985 adalah pertandingan yang layak dikenang dalam sejarah kompetisi sepakbola di Indonesia terutama oleh pendukung kedua tim.

Pertandingan tersebut digelar di Stadion Utama Senayan Jakarta dan menciptakan rekor jumlah penonton. Stadion yang (waktu itu) berkapasitas 120.000 orang dipadati oleh bobotoh Persib dan suporter PSMS hingga mencapai 150.000 penonton. Akibatnya penonton dibolehkan nonton sampai meluber ke pinggir lapangan. Menurut buku Asian Football Confederation (AFC) terbitan 1987, pertandingan itu merupakan pertandingan terbesar dalam sejarah pertandingan amatir di dunia. Saat itu kompetisi Perserikatan memang masih digolongkan kedalam liga amatir.

Meski penontonnya sangat banyak, suporter kedua tim tidak saling bentrok sepanjang pertandingan berlangsung dan tetap menjunjung tinggi sportifitas. Suporter Persib yang timnya kalah tetap sportif menerima kekalahan sehingga tidak terjadi kerusuhan pasca pertandingan.

PSMS yang memenangkan pertandingan tersebut dengan skor 4-3 (2-2) melalui adu penalti karena hasil imbang 2-2 dalam waktu normal. Gol kedua persib yang menyamakan kedudukan dibuat oleh Adjat Sudrajat melalui sundulan, menyambut tendangan sudut Iwan Sunarya. Soetjipto "Gareng" Soentoro, bintang PSSI di era 1960-an dan awal 1970-an yang menjadi komentator melalui RRI Jakarta ketika itu, menyebutnya sebagai gol spektakuler yang berkelas dunia. Iwan Sunarya sendiri mencetak gol pertama persib melalui tendangan penalti di menit 65'. Sedangkan gol PSMS dicetak di menit pertama melalui M. Sidik (menit 14' dan 35').

Dengan kemenangan ini PSMS mengulang kesuksesan musim sebelumnya (1983) yang juga mampu mengungguli Persib melalui adu penalti dengan skor 3-2.

dari berbagai sumber

3 komentar:

Lirik Lagu Indonesia mengatakan...

Keren banget jumlah penontonnya bejibun dan tetep aman, gak kayak sekarang sering ribut dan bikin onar, kasian :(

ogisay mengatakan...

muhun, resep pisan nya,,,
http://www.offermyoffer.com/vouchers/detail/bt.com/6370

M Fawzi Habibie mengatakan...

Patut dijadikan contoh,, kalo ada video nya share dong..

Posting Komentar