Senin, 09 April 2012

Indonesia vs Uni Soviet 0-0 (1956)

Pada 29 November 1956 timnas Indonesia pernah membuat sensasi dengan menahan imbang raksasa sepakbola dunia saat itu, Uni Soviet dengan skor 0-0. Pertandingan tersebut berlangsung di Melbourne, Australia di ajang Olimpiade babak perempat final. Indonesia maju ke perempat final setelah di babak sebelumnya menang WO lawan Vietnam sedangkan Uni Soviet menang melawan tim tangguh Jerman 2-1.

Sebelum pertandingan, beberapa pemain inti Indonesia dilanda cedera. Ramli (PSMS Medan), Rukma, dan Ade Dana (Persib Bandung) dipastikan tidak bisa tampil. Padahal ketiga pemain ini nyaris tak tergantikan. Sedangkan lawan yang dihadapi adalah tim yang secara keseluruhan kualitasnya berada diatas Indonesia.

Meski demikian, pelatih Indonesia asal Yugoslavia, Tony Pogacknik jeli melihat kekurangan tim lawan. Ketika Soviet melawan Jerman, jarang sekali terlihat tembakan-tembakan yang membahayakan gawang. Tendangan keras ke arah gawang kebanyakan menyamping atau melambung diatas gawang Jerman. Sedangkan dua gol yang tercipta hasil dari keunggulan permainan individu pemain Uni Soviet, bukan hasil permainan kolektif. Maka untuk menghadapi Uni Soviet, Indonesia bermain bertahan dengan memperkuat pertahanan secara berlapis agar terhindar dari kekalahan.

Menghadapi pertahanan Indonesia yang sangat kokoh, pemain-pemain Uni Soviet menjadi frustasi dan kehilangan akal untuk membobol gawang Indonesia. Bahkan dengan segala cara mencoba mempengaruhi wasit untuk mendapatkan tendangan penalti. Selama 2 x 45 menit pemain-pemain Soviet telah menendang bola ke luar melalui garis gawang sebanyak 46 kali, menembak 20 kali yang dapat ditangkap dengan gemilang oleh penjaga gawang Saelan dan mendapat tendangan penjuru sebanyak 23 kali. Namun tidak ada satupun gol yang dibuat. Akhirnya hingga pertandingan selesai skor tetap 0-0.

Sayangnya, di pertandingan ulangan pada 1 Desember 1956 Uni Soviet berhasil mengalahkan Indonesia 4-0. Soviet akhirnya menjuarai Olimpiade XVI di Melbourne setelah di final menang 1-0 atas Yugoslavia.

Pemain Timnas Indonesia:
Saelan; Rasyid, Kwee Kiat Sek, Chaeruddin Siregar, Phoa Siang Liong, Thio Him Tjiang, Tan Liong Houw., Ramlan, Aang Witarsa, Danu, Raman.

dari berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar