Selasa, 10 April 2012

"Indonesia" di Piala Dunia 1938

Saat masih bernama Hindia Belanda pada masa penjajahan Belanda, Indonesia pernah tampil di Piala Dunia 1938 di Perancis. Keikutsertaan tim sepakbola Hindia Belanda sebenarnya diwakili oleh Federasi Sepak Bola Hindia-Belanda, NIVU (Nederlandsch Indische Voetbal Bond), bukan oleh PSSI yang saat itu juga sudah berdiri. Keikutsertaan tim ini sekaligus menjadikannya sebagai negara Asia pertama yang lolos ke putaran final Piala Dunia. Saat itu timnas Hindia Belanda bisa lolos ke putaran final karena satu-satunya lawan di babak Kualifikasi Asia, Jepang, memilih mundur dari babak kualifikasi.

Piala Dunia 1938 Perancis berlangsung dari 4 Juni sampai 19 Juni 1938. Sebanyak 16 tim lolos ke putaran final namun Austria tidak mengikuti Piala Dunia ini karena Anschluss pada Maret 1938, sehingga tim yang berpartisipasi menjadi 15 dan Swedia secara otomatis langsung melaju ke babak perempat final. Di Piala Duinia ini Italia menjadi juara untuk kedua kalinya secara berturut-turut, setelah mengalahkan Hongaria pada pertandingan final dengan skor 4–2.

Tim Hindia Belanda sendiri hanya tampil sekali di turnamen ini. Mereka langsung gugur di babak pertama setelah dihajar dengan skor 6-0 oleh timnas Hungaria. Pertandingan itu yang disaksikan oleh sekitar 9000 penonton diselenggarakan di Stadion Velodrome Municipale, Reims pada 5 Juni 1938 dengan wasit asal Prancis Roger Conrie.

Berikut daftar pemain Hindia Belanda yang bertanding di Piala Dunia tahun 1938 Prancis:

Pemain Utama:
Mo Heng TAN (GK), Achmad NAWIR, Hong Djien TAN, Frans MEENG, Tjaak PATTIWAEL, Hans TAIHUTTU, Suvarte SOEDARMADJI, Anwar SUTAN, Henk SOMMERS, Frans HUKON, Jack SAMUELS

Cadangan:
J. HARTING (GK), Mo Heng BING, DORST, TEILHERBER, G. FAULHABER, R. TELWE, See Han TAN, G. VAN DEN BURGH

Pelatih : Johannes VAN MASTENBROEK

0 komentar:

Posting Komentar