Selasa, 10 April 2012

Do the Poznan

Pertandingan di stadion Emirates antara Arsenal melawan Manchester City pada hari Minggu lalu (8 April 2012) dimenangkan oleh Arsenal dengan skor 1-0. Pemain Arsenal asal Spanyol Mikel Arteta menjadi pahlawan The Gunners karena menjadi pencetak satu-satunya gol kemenangan bagi Arsenal.

Ada yang menarik dari duel big match ini. Saat Arteta mencetak gol di menit ke-86, suporter Arsenal merayakannya dengan berdiri membelakangi lapangan sambil melompat-lompat dan saling berangkulan satu sama lain (lihat videonya disini). Tampaknya selebrasi ini dilakukan untuk menyindir atau mengejek suporter Manchester City yang ada di stadion.

Seperti diketahui, selebrasi ini sering dilakukan oleh suporter Manchester City saat merayakan kemenangan timya. Mereka menyebutnya Poznan atau Do the Poznan dan melakukannya sambil meneriakkan chant "Let's All Do The Poznan..". Dinamai demikian sebagai penghormatan terhadap klub lain yang menjadi inspirasi the Citizen.

Memang fans City terinspirasi dari suporter klub asal Polandia, Lech Poznan yang sudah melakukan selebrasi ini sejak tahun 1961. Suporter City pertama kali melakukannya pada 21 Oktober 2010 saat City berhadapan dengan Lech Poznan di ajang Europa League. Sejak itu mereka sering melakukannya ketika pemain Man City berhasil mencetak gol.

Selebrasi 'Do The Poznan' pernah juga dilakukan oleh pendukum klub lain di Liga Inggris, seperti suporter Sunderland ketika Sunderland berhasil mengalahkan City beberapa waktu lalu.


0 komentar:

Posting Komentar