Rabu, 21 Maret 2012

Niac Mitra vs Arsenal - Juni 1983

Pada pertengahan tahun 1983, klub asal Inggris "The Gunners" Arsenal pernah melakukan kunjungan ke Indonesia untuk berlibur ke Bali. Diantara pemain yang ikut antara lain kiper legendaris asal Irlandia Pat Jennings, dua pemain tim nasional Inggris saat itu Kenny Sansom, dan Graham Rix serta David O’Leary.

Selama di Indonesia Arsenal melakukan beberapa kali pertandingan dengan hasil lumayan baik. Mereka berhasil meledakkan PSMS Medan dengan skor 3-0 di Medan dan membantai PSSI Selection 5-0 di Senayan. Namun ketika berhadapan dengan juara Galatama saat itu, Niac Mitra, tim asal London Utara itu mengalami kekalahan dengan skor 2-0. Pertandingan itu berlangsung pada 16 Juni 1983 di stadion 10 November Surabaya, Pemain Niac Mitra, Fandi Ahmad dan Joko Malis berhasil mencetak gol masing-masing di menit 37' dan 85'.

Hasil tersebut mengecewakan pemain-pemain Arsenal dan membuat mereka sulit tidur. Apalagi mereka berharap pertandingan ini akan memberikan kemenangan dan sekaligus kenangan terakhir dalam lawatannya pertamanya ke Indonesia. Arsenal sendiri tidak bermain buruk, dan mestinya dapat mencetak paling sedikit enam gol, namun gagal karena ketatnya pertahanan Niac Mitra.

Banyak kabar yang tak sedap yang mengiringi kekalahan Arsenal saat itu. Ada yang beranggapan bahwa kekalahan Arsenal sengaja dibuat, diantaranya dengan menggelar pertandingan yang dilakukan jam 2 siang, yang memang sangat terik sekali apalagi untuk ukuran pemain Inggris. Alasan lain adalah diusirnya Alan Sunderland oleh wasit Ruslan Hatta. Meski demikian hasil ini sangat membanggakan bagi Niac Mitra dan publik Surabaya tetap mengelu-elukan dua pemain asal Singapura, kiper David Lee dan Fandi Ahmad.

Pertandingan itu sendiri menjadi pertandingan perpisahan publik Surabaya dengan Fandi Ahmad yang hijrah ke Groningen (Eredivisie Holland). Ketika itu kebijakan baru PSSI melarang pemain asing merumput di Galatama, yang membuat Fandi Ahmad harus pindah. Konon kebijakan itu secara tak sengaja mematikan iklim kegairahan sepakbola nasional dan secara perlahan-lahan pamor Galatama, yang sempat dijuluki Universitas Sepakbola-nya Indonesia dan dipelajari sistem prosedurnya oleh Jepang mulai meredup.

 
Susunan Pemain Niac Mitra vs Arsenal:
Niac Mitra: David Lee,Budi Aswin,Wayan Diana,Tommy Latuperissa,Yudi Suryata,Rudy Kelces,Rae Bawa/Yusul Male,Joko Malis,Hamid Asnan/Syamsul Arifin,Fandi AHmad,Dullah Rahim/Yance Lilipaly

Arsenal: Pat Jennings,Colin Hill/Stewart Robson,David O’Leary,Chris Whyte/Lee Chapman,Kenny Samson,Brian Talbot,Alan Sunderland,Paul Davis,Brian McDermott,Raphael Meade/Terry Lee,Graham Rix

0 komentar:

Posting Komentar