Jumat, 17 Februari 2012

Battle of Highbury, Inggris vs Italia 1934

The Battle of Highbury dikenal sebagai nama pertandingan sepakbola antara timnas Inggris melawan Italia di stadion Highbury pada 14 November 1934. Stadion Highbury merupakan markas klub Arsenal FC sejak 1913 sampai 2006 ketika stadion tersebut dirombak menjadi apartemen. Selama periode 1920 sampai 1961, Highbury sudah menggelar sekitar 12 pertandinan timnas Inggris meski kebanyakan merupakan pertandingan persahabatan, dan pertandingan melawan Italia ini menjadi pertandingan paling berkesan.

Bagi Italia, pertandingan itu merupakan pertandingan pertama mereka sejak menjadi juara Piala Dunia 1934. Inggris sendiri tidak mengambil bagian dalam kejuaraan tertinggi di dunia tersebut karena keluar dari FIFA sejak 1928. Meski demikian timnas Inggris saat itu menjadi salah satu tim kuat di Eropa. Maka pers Inggris menyebutnya sebagai the “real” World Cup Final. Dalam pertandingan yang sangat keras tersebut Inggris menang 3-2.

Pertandinan itu memang sangat keras. Baru dua menit berjalan, pemain Italia Luis Monti harus keluar karena patah kaki. Tidak ada pergantian pemain, sehingga Italia terpaksa melanjutkan permainan dengan 10 orang. Tidak terima dengan perlakuan lawan, tim tamu berulang kali membalas. Hasilnya, Eddie Hapgood patah hidung dan harus ditarik selama 15 menit, Bowden cedera engkel, serta Brook patah lengannya.

Inggris unggul pada babak pertama dengan skor 3-0. Dua gol dicetak oleh Eric Brook, dan Ted Drake menambah satu gol untuk Inggris. Sedangkan Italia memperkecil skor di babak 2 melalui 2 gol dari Giuseppe Meazza. Keberhasilan Inggris mengalahkan tim juara dunia membuat mereka bisa bertepuk dada, seolah bisa memproklamasikan diri sebagai juara dunia tanpa mahkota.

Para pemain:
Inggris
:
Moss (Arsenal), Male (Arsenal), Hapgood (Arsenal), Britton (Everton), Barker (Derby Co), Copping (Arsenal), Matthews (Stoke City), Bowden (Arsenal), Drake (Arsenal) Bastin (Arsenal) Brook (Manchester City)

Italia:
Ceresoli (Inter); Monzeglio (Bologna); Allemandi (Inter); Ferraris (Lazio), Monti (Juventus), Bertolini (Juventus), Guaita (Roma), Serantoni (Juventus), Meazza (Inter), Ferrari (Juventus), Orsi (Juventus)

0 komentar:

Posting Komentar