Kamis, 03 Juni 2010

Fischer Random Chess

Fischer Random Chess (FRC) atau Chess960 barangkali masih kurang populer termasuk di kalangan penggemar catur. Saya sendiri baru beberapa bulan lalu bermain catur acak secara online. Itu juga karena tidak sengaja.

Catur random atau catur acak merupakan salah satu dari varian catur. Pertama kali dipopulerkan oleh legenda catur asal Amerika, Bobby Fischer pada Juni 1996 di Buenos Aires, Argentina. Karena itu varian catur ini sering disebut dengan nama Fischer Random Chess. Meskipun demikian sebenarnya catur random sudah dikenal sebelumnya, bedanya terletak pada adanya aturan rokade dalam chess960.

Pada dasarnya aturan permainan dalam chess960 sama saja dengan aturan main dalam permainan catur biasa. Yang membedakan adalah susunan awal dari tiap buah catur yang disusun secara acak. Jika biasanya benteng putih ada di petak a1 dan h1, atau kuda putih berada di petak b1 dan g1, dalam chess960 susunan tersebut bisa berubah. Namun susunan pion tetap berada di baris kedua. Selain itu kedua Gajah/Bishop harus memiliki kedua warna petak yang berlainan. Katanya jumlah posisi dari variasi posisi ini ada 960 posisi, sehingga disebut dengan chess960. Gambar dibawah ini adalah salah satu posisi awal chess960.

chess960

Ide dari chess960 ini sederhana, yaitu sebagai alternatif jika bosan dengan catur normal. Dalam catur normal dikenal berbagai macam nama opening/pembukaan dengan varian-variannya seperti Ruy Lopez, Caro Kann, dan sebagainya. Sejak awal permainan biasanya pemain sudah hapal dengan langkah-langkah yang biasa dilakukan dalam pembukaan. Bahkan sampai beberapa belas langkah lebih.

Namun dalam chess960 hapalan teori pembukaan tersebut tidak berlaku. Sejak langkah pertama pemain dituntut untuk melakukan kalkulasi dan menerapkan strategi yang berbeda dari biasanya. Disini bakat dan kreatifitas lebih diutamakan dibanding hapalan teori pembukaan.


2 komentar:

secangkir teh dan sekerat roti mengatakan...

saya juga bukan pemain/pelaku catur, hehehe

irfanimovick mengatakan...

catur yang biasa aja udah pusing saya mah ... apalagi yang aneh lagi kayak gini.. hehe

Posting Komentar