Rabu, 03 Februari 2010

Wijk aan Zee 2010

Wijk aan Zee adalah nama sebuah kota kecil di pantai Laut Utara di kotamadya Beverwijk, Belanda. Jika anda sering mengamati olahraga catur pasti tidak asing dengan nama ini, karena disini tiap tahun diadakan turnamen bergengsi yang diikuti oleh Grand Master catur yang memiliki elo rating teratas. Turnamen catur di Wijk aan Zee diselenggarakan tiap tahun sejak tahun 1968 setelah sebelumnya sejak tahun 1938 diadakan di tempat lain. Pada awalnya memang merupakan turnamen kecil yang diselenggarakan oleh klub catur di kota itu. Namun demikian pada tahun ketiga mampu mengundang Max Euwe yang pernah menjadi juara dunia.

Wijk aan Zee 2010 telah selesai pada beberapa hari lalu. Turnamen ini dibagi menjadi 3 grup yang masing-masing terdiri dari 14 pemain. Grup A termasuk turnamen dengan kategori 19 dengan rating rata-rata 2719. Mantan juara dunia seperti GM Viswanathan Anand dan GM Vladimir Kramnik serta pemain paling muda dan memiliki rating paling tinggi, GM Magnus Carlsen ikut serta dalam turnamen ini. Carlsen sendiri yang akhirnya menjadi juara setelah mengumpulkan poin 8.5, beda setengah poin dengan Kramnik dan Shirov yang berada di urutan 2 dan 3. Berikut tabel klasemen akhir grup A:

Jika ingin melihat semua partai dalam turnamen tersebut silahkan klik disini untuk grup A, disini untuk grup B, dan disini untuk grup C. Copy saja semua notasi pertandingan tersebut ke notepad dan save as ke dalam format .pgn supaya bisa dilihat di program catur seperti Fritz maupun chessbase light.

0 komentar:

Posting Komentar